Selasa, 01 Oktober 2013

Buah Dari Kesabaran

Kesabaran merupakan proses perjuangan  kita, yakni teguh atau konsisten terhadap suatu kebenaran dengan penuh perjuangan, dengan menahan rasa amarah, putus asa, serta .contoh dalam kehidupan bersabar  dalam ketaatan, semisal kita melakuakan kebaikan seperti Sholat, puasa , dan amal baik lainnya dengan ikhlasah untuk mengharap ridho Allah, mengharap Pahala dari Allah, walaupun banyak orang yang mencela dengan perkataan  " sok alim", sok nyunnah, yakni dihadapai dengan lemah lembut serta tidak peduli dengan cibiran orang yang negatif. Ada juga sabar dalam menghadapi Musibah, seperti ketika ditimap musibah seperti jatu, kecelakaan, ditinggal mati orang terdekat , yakni tetap sabar ..dengan rela atas musibah tersebut, karena meyakini akan taqdir Allah, ketentuan Allah, sehinga tidak larut dalam kesedihan dan berprasangka buruh terhadap Allah., Ada juga sabar dalam menghindari kemaksiatan...seperti di suatu lingkungan yang rata-rata masih melakukan perbuatan buruk seperti  meminum minuman keras,  terus mereka mengajak kita untuk join agar kelihatan kompak, kita menolak dengan lemah lembut, dan mendoakan mereka agar diberi petunjuka agar kembali ke jalan yang benar.


Dalam berbisbnispun perlu diimbangi sikap atau jiwa sabar, yakni konsisten terhadap proses dengan menjalankan tindaklan yang rasional, jujur, tidak bertentangan dengan nilai agama, serta tetap berdoa kepada Allah  sebagai perwujudan pengabdian kepada TuhanNya,. Orang nonmuslimpun jika mengamalkan  prinsisp kesabaran dalam berbisnis akan menbuahkan hasil yang optimal. lihatlah para penemu seperti Thomas Alva edison, Bill Gates , dll... mereka bersabar dalam proses, sabar dalam menghadapai cibiran, kritikan...dengan terus inovasi dan fokus pada tujuannya sehingga terwujudalah impiannya.

Dalam berdakwahpun perlu kesabran, sebagaimaana Nabi kita ..Muhammad Shallahu  'Alaihi Wassalam, selalu bersabar dalam mengahdapi serangan dari kaum Kafir, Munafiq, sehingga dakwahnya masuk ke dalam sanubari  manusia,

Perbuatan menyerang sebenarnya merugikan diri sendiri dan malah menguntungkan yang diserang
hal ini kita contohkan dalam dunia bisnis, seperti ada perusahaan menyerang pesainganya dengan menyebarkan keburukannay, menjelekkan produknya dan menyatakan produknay lebih unggul dari produk yang diserang, maka bagi konsumenpun akan berempati  terhadap yang diserang dan penasaran..apakah yang dikatakan penyerang betul atau tidak, namaun jika yang dikatakan penyerang hanaya omong kosong atau rasa dengki..maka otomatis orang tersebut ditingalkan oleh calon konsumen.
 Kita lihat dalam perpolitikan , jika suatu calon pepimpin diserrang, difitnah, dituduh,,tapi ia tetap sabar, tidk respon dengan balik menyerang, serta menanggapi dengan ilmiah..maka malah menaikkan ratinya, menaika derajatnay, dan malah terpilih jadi pemimpin..
karena kesabaran itu perlu ujian..dan orang yang kuat terhadap ujianlah yang merasakan buahnya..

Dalam hal pergerakan dakwah atau ormas di Indonesia ini,,ada sebuah ormas menyerang ormasa yglain dengan tuduhanmiring, dengan kata-kata negatif seperti menggunakan jargon nama nama hewan, nama jelek, dll,,,malah semakin jaya dakwahnya, semakin orang penasaran, semankin mendengar dan bisa menilai anatar apa yang dituduhkan dan kenyataan yang ada..

secara kesehatan , orang yang punay sifat kasar, egois, sensitif, berpikir negatif, picik, curang, iri akan merusak dirinya sendiri, karena akan memanaskan Jantung, darah dalam tubuh ..dan bisa jadi terjadi pergolakan darah yang tingi sehingga terjadi pengentalan darah ..yang berefek ke hipertenesi, sesaka nafas, gondok, dll. semanetara kesabran akan sesalu membuahkan hasil yang indah sebagaimana puasa dengan sabar menahan makan dan minum serta hal yang membatalkannay akan berbuah kenikmatan di waktu berbuka, kenikmatan sewaktu puasa  yaitu ketenangan organ tubuh karena tdk terprogram untuk pingin makan sehingga malah sehat,juag sebagai proses detoxsifikasi toksin dalam tubuh, dan yag jelas ketengan jiwa karena berharap dapat pahaal berpuasa dan kenikmatan bertemu dengan Allah di syurga kelak.

Semoga kita menjadi orng yang bersabar dalam keadaan apapun.

Tidak ada komentar: