1 Ramadhan 1435, bertepatan dengan Hari Ahad 29 Juni 2014

masjid UIN Suka
Setelah pemantauan hilal dilakukan di sejumlah titik di Indonesia, pemerintah akhirnya menetapkan 1 Ramadan 1435 H jatuh pada AHAD (Minggu), 29 Juni 2014. Sejumlah ormas Islam yang hadir dalam sidang isbat tidak berbeda pendapat terkait hasil pemantauan hilal dan penetapan awal Ramadan.


"Dari para saksi yang kami tugaskan di 63 titik di seluruh tanah air, tidak satupun yang melihat hilal. Sehingga kami menyatakan melakukan istiqmal atau menyempurnakan bulan sya'ban menjadi 30 hari, kemudian diputuskan 1 Ramadan 1435 H jatuh bertepatan pada Ahad tanggal 29 Juni 2014," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam jumpa pers usai sidang isbat di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jumat (27/6/2014).

Lukman mengatakan keputusan itu setelah mendengar pandangan dari perwakilan ormas-ormas Islam yang hadir dalam sidang isbat.

Sidang isbat digelar tertutup. Sidang Isbat dihadiri Ketua Umum MUI Din Syamsuddin, KH Maruf Amin, pewakilan Muhammadiyah, NU, dan sejumlah ormas Islam lainnya. PErwakilan dari dubes negara Islam dan ahli astronomi dari LAPAN dan Planetarium Jakarta juga hadir.

detik.com

Komentar