Jumat, 08 November 2013

Oleh-Oleh Haji

Akhir Bulan Dzulhijjah 1434 lalu banyak jamaah haji Indonesia yang tiba di Kampung Halaman masing-masing, tentu dengan semangat baru  dalam bingkai yang positif, karena mengharap Haji Mabrur. Biasanya setelah pulang dari sana banyak tamu yang berkunjung (Ziarah) ke rumah orang yang berhaji tersebut. Tamu disuguhi cerita perjalanan haji di sana, baik dari ritual ibadah, kemegahan bangunan di sana, keberagaman manusia dari berbagia penjur dunia.
Selain cerita , tentunya ada suguhan  berupa hidangan, ada yangmenyuguh makanan khas timur tengah seperti kurma, kismis, kacang arab, air zam-zam..ada juga yang menyuguh dnegan memberi hidangan berupa nasi,,,yang jelas kebiasaan setiap daerah berbeda beda, di Kota Jogja sini kebetulan ada tetangga yang pulang dari Perjalaan haji memberi suguhaan berupa kurma, air zam-zam, kisms, dll ,setelah pulang juga diberi hadiah berupa sajadah dan kotak snack yg berisi kurma, air zam-zam , dll. 


Yang jelas Haji merupakan rukun islam, dan wajib bagi yang sudah mampu. pergi Haji bukan untuk mendapatkan gelar pak Haji atau Bu Hajjah, namun karena memenuhi panggilan Allah 
Semoga kita bisa menyusul melaksanakan Ibadah Haji dan diterima amal ibadah kita, 


Tidak ada komentar: