Customers adalah Marketers


Di jawa sering kita sering dengar ada istilah getok tular, informasi tertular dari mulut seseorang ke telinga seseorang lalu disampaikan oleh mulut lagi ke orang lain, kadang ada istilai MLM ..mulut ke mulut ..maksudnya mulut orang pertama lanjut mulut yang lain dalam penyebaran informasinya..

Kita contohkan, ada seorang dukun pijat bayi biar tahu analoginya

Kenapa Pijat Bayi di suatu tempat, kok bisa ramai? bisa jadi  karena pelanggannya ke sana banyak yg cocok, para orang tua memijatkan (urut) bayinya kesana  ketika bayi rewel, nafsu makan menurun, batuk, flu, panas dll, setelah pijat kisaran 5 menit.. badan nyaman..tdk rewel lagi , nafsu makan pulih. Maka pelanggan itu dengan sukarela menceritakan..mereferensikan kepada yang lain dengan semangat dan jujur..bahkan bisa jadi malah buat content digital, bisa viral malahan..

Bagi tukang pijat, jasa pijatnya harus punya nilai (value)  lebih dibanding yang lain, misal lokasinya nyaman, ada banyak mainan anak-anak, ada air minum gratis, ada hiburan lain misal tv yang menayangkan kesukaaan anak anak..dll

Jadi ketika antripun bayi dan ortunya nyaman, maka buatlah nyaman konsumen, bahagiakan konsumen, layani dg baik..tentu bisa berefek bagi usaha kita,

memcipatan kesan yang wow,,,yang tak terlupakan  hingga masuk bawah sadar.

Semangat berbisnis 


Komentar